DATA SISWA YANG RESPON

Rabu, 10 Maret 2021

XI IPA4

Meneruskan kegiatan pertemuan kemarin pada hari Kamis, 04 Maret 2021

Kegiatan 2 

Menyusun Proposal Berdasarkan Aspek-Aspek Penting 

        Pada pembahasan terakhir ini, kamu harus mampu merancang proposal berdasarkan aspek-aspek penting. Namun, terlebih dahulu kamu harus memahami bagaimana penyusunan proposal. Penyusunan proposal bisa dilakukan melalui observasi lapangan atau membaca dari literatur. Supaya lebih mudah dalam membuat penyusunan proposal, kamu harus mengawalinya dengan melakukan analisis terhadap suatu masalah atau kebutuhan di lapangan.  

       Dengan demikian, kita bisa mengajukan suatu kegiatan yang sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan. Ada tiga hal yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan sejumlah fakta dan data yang menjadi pusat penyusunan proposal, yaitu melalui observasi langsung, melakukan wawancara dengan narasumber, atau melalui penyebaran angket.

      Langkah selanjutnya ialah dengan membaca berbagai literatur untuk memperkuat temuan-temuan dari lapangan itu. Literatur juga berperan sebagai rujukan atas bermasalah atau tidaknya temuan-temuan di lapangan itu.

     Penyusunan proposal harus diawali dengan kegiatan observasi lapangan ataupun membaca berbagai literatur. Kegiatan itu sudah kamu lakukan, bukan?

 

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mengembangkan temuan-temuanmu itu ke dalam sebuah proposal yang lengkap, jelas, dan menarik.

 1. Lengkap, perhatikanlah kelengkapan bagian-bagian proposal, mulai dari latar belakang sampai bagian daftar pustaka; mungkin juga lampiran-lampiran yang perlu disertakan. Untuk itu, kita harus memahami kembali struktur proposal yang telah dipelajari terdahulu.  

2. Jelas, perhatikan pula kaidah-kaidah kebahasaan yang lazim digunakan untuk proposal sehingga proposal yang kamu buat itu mudah dipahami oleh pembacanya.

3. Menarik, perhatikan teknik penyajiannya; tata letak, ilustrasi, pemilihan jenis huruf, spasi, dan hal-hal lainnya sehingga penerima usul tertarik untuk membacanya. Dengan demikian, hal tersebut membantu pula di dalam proses pengesahan proposal tersebut. 

XI IPA4

TUGAS

Hari ini materi teks proposal sudah selesai kita akan berlatih secara mandiri untuk menyusun proposal suatu kegiatan yang akan dilakukan pada kegiatan di sekolah atau kegiatan di lingkungan tempat tinggalmu!

(waktunya dua pertemuan, pertemuan kemarin dan pertemuan sekarang, kalau hari kemarin selesai sekarang tinggal tabsen saja dan kalau belum selesai kemarin sekarang waktunya upload)

Tulis di buku tulis kemudian scan atau di Foto dan kirim ke

https://forms.gle/DEwVQmjUUYDm93Xh9

linknya sama dengan pertemuan kemarin 

XI BAHASA

 

Meneruskan pertemuan kemarin mempelajari LKS Bab VI 

Bab VI

MerancangKarya Ilmiah

Mengidentifikasi Informasi, Tujuan, dan Esensi Karya Ilmiah yang Dibaca

 

 


TUGAS MANDIRI

Carilah sebuah karya ilmiah di buku atau internet (tidak membuat sendiri). Setelah itu buatlah kesimpulan sesua langkah-langkah diatas.

Karya ilmiahnya cukup difoto,  screenshot. atau scan kemudian diupload di google form dibawah ini

https://forms.gle/JzAAwidutXci5WV57


 

PHB BAHASA INDONESIA X dan XI

  PHB BAHASA INDONESIA X https://forms.gle/3c4mk86SdT2sLxBL6 PHB BAHASA INDONESIA XI https://forms.gle/xfrqHEsjNDRi9toL9