Kegiatan 2
Menulis Karya Ilmiah dengan Memperhatikan Sistematika dan Kebahasaan
Untuk menulis karya ilmiah yang baik, langkah-langkah yang harus kita tempuh adalah sebagai berikut.
1. Menentukan topik
Langkah
awal menulis sebuah karya ilmiah adalah menentukan topik.
Langkah awal itu lebih tepatnya disebut sebagai penentuan masalah
apabila karya ilmiah yang akan ditulis itu berupa laporan hasil
penelitian.
Baik itu berupa topik ataupun rumusan masalah, hal-hal yang harus
diperhatikan pada langkah ini adalah topik/masalah itu haruslah:
a. menarik perhatian penulis,
b. dikuasai penulis,
c. menarik dan aktual, serta
d. ruang lingkupnya terbatas.
2. Membuat kerangka tulisan
Langkah ini penting dilakukan untuk menjadikan tulisan kita
tersusun secara lebih sistematis. Langkah ini juga sangat
membantu di dalam penelusuran sumber-sumber yang diperlukan di
dalam pengembangannya. Berikut contohnya.
Peranan Pemuda dalam Pembangunan
1. Pendahuluan
Peranan pemuda dalam sejarah perjuangan bangsa:
a. pemuda pada masa prakemerdekaan;
b. pemuda di zaman kemerdekaan; dan
c. pemuda di masa pembangunan.
2. Pembahasan
a. potensi pemuda sebagai modal dasar pembangunan bangsa;
b. sektor-sektor pembangunan yang dapat diisi oleh pemuda; dan
c. faktor penunjang dan kendala:
1) kendala psikologis,
2) kendala sosial, dan
3) kendala ekonomi.
3. Penutup
Kerangka
tersebut dikembangkan dari topik “Peranan Pemuda dalam
Pembangunan”. Sesuai dengan struktur umum karya ilmiah, topik
itu pun kemudian dikembangkan ke dalam tiga bagian:
pendahuluan,
pembahasan, dan penutup. Dengan kerangka seperti itu, kita bisa
memetakan bahasan-bahasan yang dianggap relevan dengan topik yang akan
dibahas.
Kerangka itu pun membantu kita untuk mencari sumber-sumber
yang diperlukan. Berdasarkan kerangka itu, misalnya, kita perlu data
ataupun teori tentang potensi-potensi pemuda dan
sektor-sektorpembangunan. Selain itu, kita pun perlu
sumber-sumber berkenaan dengan faktor penunjang dan
kendala-kendala dalam implementasi peranan pemuda dalam pembangunan.
3. Mengumpulkan bahan
Langkah
ini sangat penting di dalam menyusun sebuah karya ilmiah.
Berbeda dengan menulis fksi yang bisa saja berdasarkan
imajinasi, karya ilmiah tidaklah demikian. Agar tulisan itu
tidak kering, kita memerlukan sejumlah teori dan data yang
mendukung terhadap topik itu. Bahan-bahan yang dimaksud dapat bersumber
dari buku, jurnal ilmiah, surat kabar, internet, dan sumber-sumber
lainnya. Adapun data itu sendiri dapat diperoleh melalui
kegiatan observasi,
wawancara, angket, dan teknik-teknik pengumpulan data lainnya.
4. Pengembangan kerangka menjadi teks yang utuh dan lengkap
Kerangka
yang telah dibuat, kita kembangkan berdasarkan teori dan data yang
telah dipersiapkan sebelumnya. Langkah pengembangan tersebut harus
pula memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang berlaku pada
penulisan karya ilmiah.
KELAS XI IPS 1
https://forms.gle/MunkTfY2GB7vBSn89
DATA SISWA YANG RESPON
Sabtu, 04 April 2020
Sabtu, 04 April 2020 XI IPS 2
Bab VII
Menilai Karya
Melalui Resensi
Pernahkah kamu membuat resensi?
Apakah resensi itu? Resensi merupakan pertimbangan baik-buruknya
suatu karya. Orang
yang menyusun resensi disebut peresensi.
Dalam meresensi sebuah
buku, haruslah objektif,
sesuai dengan kualitas isi buku. Sebelum melakukan resensi, kalian harus
mengetahui dahulu unsur-unsur dalam resensi.
Untuk membekali kemampuanmu, pada bab ini kamu akan
belajar:
1. membandingkan
isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi;
2. menyusun sebuah
resensi dengan memperhatikan
hasil perbandingan beberapa teks
resensi;
3. menganalisis
kebahasaan resensi dalam dua karya yang berbeda; dan
4.
mengonstruksi sebuah resensi
dari buku kumpulan
cerita pendek atau novel yang dibaca.
Untuk membantu
kamu dalam mempelajari
dan mengembangkan kompetensi dalam
berbahasa, pelajari peta
konsep di bawah
ini dengan saksama!
A. Membandingkan Isi Berbagai Resensi untuk
Menemukan Sistematika Sebuah Resensi
Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu:
1. memahami isi
dan sistematika resensi;
2. membandingkan
isi teks resensi.
Kegiatan 1
Memahami Isi dan
Sistematika Resensi
Pada pembahasan
pertama ini, kamu
akan membandingkan isi
teks resensi. Resensi adalah ulasan atau penilaian atau pembicaraan
mengenai suatu karya baik
itu buku, flm, atau
karya lain. Tugas
penulis resensi adalah memberikan
gambaran kepada pembaca
mengenai suatu karya apakah layak dibaca atau tidak.
Hal-hal yang
dapat ditanggapi dalam
resensi ialah kualitas
isi, penampilan,
unsur-unsur, bahasa, dan
manfaat bagi pembaca.
Unsurunsur atau sistematika yang terdapat dalam resensi di antaranya
sebagai berikut.
1. Judul resensi
2. Identitas buku
yang diresensi
3.
Pendahuluan (memperkenalkan pengarang,
tujuan pengarang buku, dan lain-lain)
4. Inti/isi
resensi
5. Keunggulan buku
6. Kekurangan buku
7. Penutup
Setelah kamu
membaca teks resensi
di atas, lakukanlah
analisis isi
resensi berdasarkan format tabel berikut.
KELAS
XI IPS 2
Langganan:
Postingan (Atom)
PHB BAHASA INDONESIA X dan XI
PHB BAHASA INDONESIA X https://forms.gle/3c4mk86SdT2sLxBL6 PHB BAHASA INDONESIA XI https://forms.gle/xfrqHEsjNDRi9toL9
-
Bacalah teks dibawah ini dan kerjakan digogle form1 https://forms.gle/WoRfD5uPtLzscvox8
-
Soal PHB Bahasa Indonesia Kelas XI Waktu : 11.30 - 12.30 1. Apa saja sistematika penulisan proposal kegiatan? 2. Apa saja sistematika penu...
-
Kegiatan 2 Menemukan Gagasan Umum dan Fakta Penting dalam Teks Eksplanasi Perhatikanlah cuplikan teks berikut. Gagasan umum teks ...