Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu:
1. mengidentifikasi isi proposal dari informasi yang dibaca;
2. menyajikan proposal hasil diskusi.
Kegiatan 1
Mengidentifkasi Isi Proposal dari Informasi yang Dibaca
Dari proposal-proposal yang pernah kita baca, tentu kita memperoleh
banyak manfaat. Selain penambahan ilmu pengetahuan berkaitan dengan
masalah yang dikemukakan dalam teks itu, kita pun menjadi tahu tentang
prosedur pelaksanaan suatu kegiatan termasuk arti pentingnya
kegiatan itu. Misalnya, dari proposal tentang “pelatihan membaca dan
menulis” di atas kita menjadi mengetahui manfaat membaca dan menulis dan
prosedur pelatihannya. Dengan demikian, kita menjadi paham tentang
pentingnya kegiatan tersebut apabila diterapkan di sekolah
masing-masing.
Dengan membaca proposal, kita pun didorong untuk
lebih kreatif dalam mencari berbagai terobosan kegiatan yang
bermanfaat, baik bagi kita sendiri maupun orang lain.
Proposal-proposal yang kita baca memberikan inspirasi tentang banyaknya
kegiatan yang dapat kita lakukan dan dapat pula kita kerja samakan
penyelesaiannya dengan pihak lain.
Untuk sampai pada pemerolehan
pengetahuan, pemahaman, dan sikapsikap itu, kita perlu memahami maksud
teks secara lebih baik. Kita harus memahami makna kata, kalimat,
dan keseluruhan teksnya. Seperti yang kita maklumi bahwa di dalam
proposal banyak kata teknis yang memiliki arti khusus. Dari teks
proposal yang sudah dibaca, kita perlu mengetahui terlebih dahulu makna dari kata-kata tersebut.
Bacalah sebuah proposal penelitian ataupun proposal kegiatan-kegiatan lainnya (di buku, internet atau lainnya).
XI IPS2