DATA SISWA YANG RESPON

Sabtu, 23 Januari 2021

XI IPS5

XI IPS5

B. Melengkapi Informasi dalam Proposal secara Lisan
Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu:
1.  mengidentifikasi isi proposal dari informasi yang dibaca;
2.  menyajikan proposal hasil diskusi.
 

Kegiatan 1
Mengidentifkasi Isi Proposal dari Informasi yang Dibaca
 

     Dari proposal-proposal yang pernah kita baca, tentu kita memperoleh banyak manfaat. Selain penambahan ilmu pengetahuan berkaitan dengan masalah yang dikemukakan dalam teks itu, kita pun menjadi tahu tentang prosedur  pelaksanaan  suatu  kegiatan  termasuk  arti  pentingnya  kegiatan itu. Misalnya, dari proposal tentang “pelatihan membaca dan menulis” di atas kita menjadi mengetahui manfaat membaca dan menulis dan prosedur pelatihannya. Dengan demikian, kita menjadi paham tentang pentingnya kegiatan tersebut apabila diterapkan di sekolah masing-masing.
    Dengan membaca proposal, kita pun didorong untuk lebih kreatif dalam mencari  berbagai  terobosan  kegiatan  yang  bermanfaat,  baik  bagi  kita sendiri maupun orang lain. Proposal-proposal yang kita baca memberikan inspirasi tentang banyaknya kegiatan yang dapat kita lakukan dan dapat pula kita kerja samakan penyelesaiannya dengan pihak lain.
     Untuk sampai pada pemerolehan pengetahuan, pemahaman, dan sikapsikap itu, kita perlu memahami maksud teks secara lebih baik. Kita harus memahami  makna  kata,  kalimat,  dan  keseluruhan  teksnya.  Seperti  yang kita maklumi bahwa di dalam proposal banyak kata teknis yang memiliki arti khusus. Dari teks proposal yang sudah dibaca, kita perlu mengetahui terlebih dah
ulu makna dari kata-kata tersebut.

Bacalah sebuah proposal penelitian ataupun proposal kegiatan-kegiatan lainnya (di buku, internet atau lainnya).

XI IPS5

https://forms.gle/giokRyPfVNHF2TYWA

PHB BAHASA INDONESIA X dan XI

  PHB BAHASA INDONESIA X https://forms.gle/3c4mk86SdT2sLxBL6 PHB BAHASA INDONESIA XI https://forms.gle/xfrqHEsjNDRi9toL9